CLICK HERE FOR FREE BLOGGER TEMPLATES, LINK BUTTONS AND MORE! »

Minggu, 22 Mei 2011

halaman pengesahan

STUDI DESKRIPTIF
MEMAHAMI PERILAKU SANTRIWATI CERDAS LINGUISTIK
KELAS VI IPS-I TMI AL-AMIEN PRENDUAN
SUMENEP MADURA
TAHUN 2009-2010









Paper Ini Disusun
Untuk Memenuhi Sebagian Persyaratan
Lulus Sebagai Alumni TMI Al- Amien Prenduan










Oleh:
S. NURUL HIDAYATI
NO. STB: 0204. 3541






TARBIYATUL MU’ALLIMIEN AL-ISLAMIYAH
PONDOK PESANTREN AL-AMIEN PRENDUAN
SUMENEP MADURA
2009-2010 M.

MOTTO

I’M ONE AND I’M STILL ONE
I CAN NOT DO EVERYTHING BUT STILL I CAN DO SOMETHING
AND, BECAUSE I CAN NOT DO EVERYTHING
I WILL NOT REFUSE TO DO SOMETHING THAT I CAN DO
H.K



EVERY MISTAKE NEED A CHANCE


“I’M NOT PERFECT BUT I TRY TO BE”


Hari ini bukan dimulai dari kita membuka mata tadi pagi tapi hari ini dimulai jauh sebelumnya (I miss u all)


Janganlah tidur kembali,
mintalah apa yang sungguh-sungguh kau inginkan
Janganlah tidur kembali,
orang-orang pergi dan kembali,
melalui ambang pintu,
tempat dua dunia bersinggungan,
pintu itu terbuka lebar,

janganlah tidur kembali.

Jalaluddin rumi abad-13

HALAMAN PERSEMBAHAN :
THEY, I ADORE
MY BREATH AND MY LIFE

 Untuk ibu tercinta “MUBAYYINAH”.
“if I can I will give everything in this world for you mom…!”
 Teruntuk bapak ku yang tegar “MOH. ZAINAL ARIFIN”.
“the courage you show make me know how hard you tried to teach me about the world, there is no something in this world make me stop to loving you dad….!”
 My Best Brother
“he is everything…..!”
 CHIETOZ,
“karna kita akan selalu memiliki 4 kesempurnaan cahaya dan cinta seorang wanita yang lembut”
 Bapak Pramuka Masa Depan
“you always give me inspiration even it hurt it much hurt…! And I tired to be what you want me to be”
 ABIE
“prestasinya selalu ku jadikan motifasi



PENGESAHAN PEMBIMBING
Yang bertanda tangan dibawah ini menyatakan
bahwa peper berjudul :

STUDI DESKRIPTIF
MEMAHAMI PERILAKU SANTRIWATI CERDAS LINGUISTIK
KELAS VI IPS-I
TMI AL-AMIEN PRENDUAN
SUMENEP MADURA TAHUN 2009-2010


Oleh:
S. NURUL HIDAYATI
NO. STB: 0204. 3541


Telah sah dan memenuhi syarat untuk diuji dihadapan tim penguji
munaqosyah paper TMI AL- AMIEN PRENDUAN





Pembimbing I Pembimbing II


( Ust. Hamzah Arsa Mpd.I) (Ny. Faiqoh Bariroh SS)


PENGESAHAN

Paper ini telah dimunaqosahkan dalam sidang ujian munaqosah paper Niha`ie di Pondok Pesantren AL-AMIEN PRENDUAN Sumenep Madura pada :
Hari : Selasa
Tanggal : 20 Juli 2010
Dan telah diterima serta disahkan untuk memenuhi sebagai syarat menyelesaikan studi di TMI AL-AMIEN PRENDUAN


AL-AMIEN PRENDUAN, Selasa, 20 Juli 2010 M.




Tim Penguji,

Penguji I, Penguji II,


(Ny. Tifa Takarini S.Pd.I)

(Usth Aini Salam S.Pd.I)


Mudir Ma’had TMI PutrI II,


(K. Drs. Suyono Khottob)


KATA PENGANTAR

Alhamdulillah, segala puji syukur penulis haturkan kehadhirat Ilahi Rabbi Sang pencipta alam beserta isinya, Karena berkat rahmat, taufiq, dan hidayah-Nya sehingga penulis dapat menyelesaikan penulisan paper ini, yang merupakan salah satu syarat kelulusan bagi setiap santri kelas akhir TMI Al-Amien Prenduan.
Shalawat serta salam semoga tetap tercurahkan keharibaan junjungan Nabi besar Muhammad SAW. Yang telah ditakdirkan oleh Allah untuk mengangkat harkat dan martabat manusia, dimana manusia dianggap sama dan tanpa ada perbedaan kecuali taqwalah yang membedakan manusia dengan yang lainnya.
Tak lupa penulis mengucapkan terima kasih sebanyak-banyaknya kepada seluruh pihak yang telah membantu dan berjasa ikut menghantarkan penyelesaian paper ini, baik berupa materi ataupun non-materi, terutama penulis sampaikan ucapan terima kasih kepada :
1. Pimpinan dan Pengasuh Pondok Pesantren Al-Amien Prenduan, KH. Muhammad Idris Jauhari
2. Wakil Pimpinan dan Pengasuh Pondok Pesantren Al-Amien Prenduan, KH. Maktum Jauhari, MA.
3. Mudir `Aam TMI Al-Amien Prenduan, KH. Moh. Khoiri Husni, S.Pd.I.
4. Mudir Ma`had TMI Putra, K. Drs. Suyono Khottob
5. Mudir Marhalah Aliyah Putra, Ust. Harun Ar-Rasyid SpdI.
6. Jajaran pimpinan dan pengasuh pondok pesantren putri Al-Amien Prenduan. Ny. Dra. Anisah Fatimah Zarkasyi, Ny. Zahrotul Warda, BA. Ny Nur Jalilah Dimyati Lc.
7. Musyrif nihai`ie kelompok VII, Ny Faiqoh Bariroh, beserta Wakilnya, Usth. Unsul Anisah
8. PO dan seluruh panitia pelaksana program Niha`ie 2010.
9. Kawan-kawanku ELZHIVODEXTA 21
Penulis mengharap kepada seluruh pembaca saran dan kritikannya, bagaimanapun juga penulis hanyalah manusia biasa yang tak lepas dari salah dan dosa. Akhirnya harapan penulis semoga kehadiran paper ini dapat mendatangkan menfaat, baik terhadap pembaca dan khususnya penulis sendiri. Amien…

Prenduan, 17 Juli 2010 M.



(S Nurul Hidayati)






















ABSTRAKSI
Hidayati, S. Nurul 2010 memahami perilaku santriwati cerdas linguistic kelas VI IPS-I TMI Al-Amien Prenduan 2009-2010
Kata Kunci : Intelligenci, cerdas linguistic, perilaku

Setiap manusia memiliki kecerdasan yang berbeda, dan setiap manusia pasti memiliki kecerdasan. Ada 8 tipe kecerdasan yang terangkan oleh Prof. Howard Gardner dalam teorynya Multiple Intelligence. Yang mana salahsatunya dalah kecerdasan linguistic. Yaitu kecerdasan dalam menggunakan kata-kata secara efektif, baik secara lisan maupun tulisan. Kecerdasan ini termasuk kepekaan terhadap arti kata-kata, urutan kata, suara, ritme, dan intonasi dari kata yang diucapkan. Termasuk kemampuan untuk mengerti kekuatan kata dalam mengubah kondisi pikiran dalam menyampaikan informasi. Serta kemampuan membuat beragam pengguna bahasa untuk menyatakan dan memaknai arti yang komplek. Orang-orang tipe ini, memiliki kekuatan dalam mengolah kata, sehingga sistem yang berlaku adalah mengingat, memahami, memikirkan mengucapkan, membaca, dan menulis.
Lalu penulis tertarik dengan perilaku anak yang memiliki kecerdasan Linguistik dominan, karna dalam kehidupan sehari-hari mereka cenderung terlihat lebih menonjol dan lebih aktif baik dalam berorganisasi ataupun bersosialisasi. Sehingga disini penulis meneliti perilaku santriwati yang memiliki kecerdasan Linguistik lengkap (kemampuannya dalam membaca, menulis, berbicara dan menggunakan bahasa asing). Dengan menggunakan pendekatan penelitian kualitataiflapangan, peneliti berperan serta dalam kegiatan sehari-hari santriwati yang menjadi objek penelitian. Adapun metode yang digunakan adalah metode observasi, wawancara dan pengumpulan data. Dari metode tersebut peneliti banyak menemukan daa, temuan-temuan dan kesimpulan.
Setelah semua data hasil observasi dan wawancara terkumpul penulis kombinasikan dengan teory-teory para ahli tentang kecerdasa, kecerdasan Linguistik dan psikologi perilaku. Sehingga disimpulkan bahwa anak yang memiliki kecerdasan Linguistik dominan :
1. Cenderung memiliki perilaku yang sistematis, vleksible dan aktif.
2. Memiliki perilaku motorik yang aktif.
3. Memiliki perilaku kognitif, mudah dalam menyerap informasi.
4. Memiliki perilaku afektif, ceria dan mudah bersosialisasi.
5. Memiliki kebiasaan membaca, menulis, berdiskusi dan bahkan bukan hanya sekdar kebiasaan melainkan hoby atau kesukaan.
6. mereka lebih aktif dalam membaca, menulis, menghafal kosa kata-kosa kata dan mempraktekkan dalam penggunaan bahasa asing. Dalam mengembangkan kecerdasan Linguistik yang dimilikinya.

Dalam penelitian ini penulis cukup puas, banyak hal baru yang ditemukan oleh penulis yang akhirnya menjadi penemuan, dan pada akhir penelitian ini juga dimuat saran untuk perbaikan dan kebaikan bersama. Khususnya bagi anak yang memiliki kecerdasan linguistic.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar